Tugas 1 Manajemen Operasi


Uraian soal :

Dalam tugas tutorial online ini, Tutor memberikan empat soal yang harus dijawab mahasiswa dan diupload di elearning.ut.ac.id. Hasil jawaban akan dinilai yang berpotensi untuk menambah nilai akhir.
  1. Sebutkan pengertian produksi !
  2. Apa yang dimaksud dengan manajemen operasi ?
  3. Gambarkan komponen-komponen produksi, dan jelaskan bagian-bagian dari idea !
  4. Sebutkan kekurangan-kekurangannya dua analisis kelayakan yang diperlukan untuk menilai kelayakan suatu produk ! Jelaskan salah satu diantaranya !
 Jawaban tugas :


1.   Produksi adalah segala kegiatan yang memberikan nilai tambah. Adapun nilai tambah atau penambahan manfaat yang dapat dilakukan, yaitu manfaat bentuk, manfaat tempat, manfaat waktu, dan manfaat kepemilikan.

2.    Manajemen Operasi merupakan satu set aktivitas untuk memperoleh nilai tambah produk melalui transformasi input menjadi output. Input boleh terdiri material, karyawan dan peralatan. Melalui proses konversi, input akan diubah menjadi output yang bernilai lebih besar ( karena mempunyai nilai tambah) dari pada input semula.

      

3.     Komponen-komponen produk.

                
 

Fitur produk adalah segala yang melekat pada produk tersebut atau segala atribut yang melekat pada produk bersebut. 
Contoh desain fitur produk untuk perusahaan manufaktur antara lain :
·         Bentuk, warna dan ukuran produk,
·         Kenyamanan dalam penggunaan produk,
·         Keamanan produk dan penggunaan produk.

Benefit produk adalah segala apapun yang akan dapat diperoleh melalui produk tersebut. Bisanya berhubungan dengan kepuasan pembeliproduk.
Contohnya : Jika seseorang membeli produk minuman dan meminumnya, maka rasa haus dan dahaga bisa hilang.

Jaminan produk merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap produk yang dibuat dan dipasarkannya berupa janji atau perjanjian sebagai timbal balik kepercayaan yang diberikan konsumen terhadap produk.
Contohnya :  PT. Astra Honda Motor ( AHM ) memberikan jaminan ketahan mesin 3 tahun, dan akan mengganti  seandainya ada kerusakan mesin yang patal sebelum habis masa jaminannya. 

Service atau layanan pada umumnya terdiri dari pra-penjualan dan purna-penjualan. Service pra-penjualan biasanya berupa informasi yang jelas dan mudah diakses, kemudahan pembelian produk dan pembayarannya. Service purna-jual berupa ketersediaan suku cadang, bengkel siap siaga.

4.    Analisis kelayakan teknis, analisis kelayakan ekonomi dan analisis kelayakan komersial.

Analisi kelayakan teknis  merupakan analisis kelayakan dari sudut pandang teknikal. Yang meliputi teknis 
pembuatan produk, ketersediaan material, mesin dan peralatan produksi, tempat untuk produksi, dukungan 
teknis dan juga tenaga kerjanya.


Analisi kelayakan ekonomi setelah mendapatkan kelayakan dari segi teknis, untuk selanjutnya dilakukan analisis ekonomis apakah dari sudut pandang ekonomis cukup layak untuk diproduksi atau tidak. Apakah bisa dipoduksi dengan biaya yang cukup wajar, apakah material mudah untuk didapatkan secara berkelanjutan dengan harga yang relatif murah, apakah tidak ada hambatan-hambatan yang mengganggu kelangsungan produksi. Hal yang terpenting dari analisis kelayakan ekonomi ini adalah tercapainya skala ekonomis dalam proses produksi yang dilaksanakan perusahaan.

Analisis kelayakan komersial, dalam analisis ini dipertimbangkan apakah produk layak untuk diproduksi dan dipasarkan secara komersial. Artinya, apakah produk yang diproduksi dalam jumlah tertentu untuk mempertahankan skala ekonomis ini dapat diserap oleh pasar. Jika respon pasar kurang atau tidak sama sekali maka patut di pertimbangkan untuk tidak diproduksi.





Comments

Popular posts from this blog

Jawaban Tugas 1 TAP Ekonomi Manajemen

Tugas 2 Manajemen Perubahan

Cara Mudah Membuat Ramalan Jualan